PENGALAMAN MENGIKUTI PEMBATIK

 


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh! Perkenalakan nama saya Muhammad Guntur Mustafa. Saya seorang guru di SMP N 2 Tidore Kepulauan

A.      Awal Mula Mengenal PEMBATIK

PEMBATIK, pertama mendengar istilah itu diawal tahun 2019 ketika ada postingan dari salah satu anggota sebuah Grup Whatapps yang para anggotanya adalah guru-guru dan kepala sekolah  yang berada di Kota Tidore Kepulauan, beliau adalah Ibu Andy Vida yang sekarang merupakan Duta Rumah Belajar  (DRB) 2019.

Sejak itu belum ada keinginan dan bahkan tidak ada kemauan untuk mengikuti PEMBATIK karena kegiatan tersebut dari tahapan pendaftaran sampai pada kegiatan levelnya melalui daring atau online. Saya sadar karena selama ini belum pernah mengikuti kegiatan-kegiatan yang media bimbingannya secara chating, video conference atau sejenisnya yang berkaitan dengan kegiatan bimbingan secara daring.

Perkenalan saya dan tahu sedikit dengan kegiatan yang ada dalam PEMBATIK ini ketika saya diajak oleh 2 teman Guru (Ibu Vida dan Bapak Gani Umar) yang bagi saya mereka adalah guru yang sangat berkompeten, berpengalaman dan berdedikasi di daerah tempat saya mengajar yaitu Kota Tiodre Kepulauan. Kegiatan pertama saya bersama mereka bertempat di SMK Negeri 1 Ternate, kegiatan ini bukan merupakan rangkaian dari kegiatan PEMBATIK seperti yang saya kenal sekarang ini akan tetapi suatu kegiatan yang dilaksanakan dan disponsori oleh Duta Rumah Belajar (DRB) 2018 Maluku Utara yang Pematerinya juga berasal dari DRB Terbaik Nasional 2018 dari Kalimatan dan DRB Jawa Timur.

Perjalanan menuju dan sampai pada tempat kegiatan ada sedikit kekhawatiran karena yang ada dalam pikiran saya saat itu bahwa peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut adalah peserta yang sudah menyelesaikan beberapa level dalam PEMBATIK 2019, tetapi sudah ada motivasi dalam diri bahwa ingin melakukan perubahan dalam pembelajaran terutama yang berkaitan dengan teknologi dan informasi maka keinginan untuk mengetahui dan ingin seperti mereka semakin tertanam dalam diri saat itu. Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tersebut banyak sekali ilmu saya dapatkan mulai dari pengenalan Rumah Belajar, Microsoft Office 365 dan pengeditan video pembelajaran yang langsung dibimbing oleh pemateri.

Setelah mengikuti kegiatan tersebut rasa ingin mencoba untuk melakukan pembelajaran secara daring sangat besar, maka saat itu saya mencoba membuat materi dengan menggunakan salah satu fitur yang ada di Office 365 yaitu SWAY untuk diberikan kepada peserta didik yang saya ajarkan saat itu, antusias peserta didik dalam memperhatikan atau mendalami  materi yang ada dalam SWAY sangat baik dan hasil yang diharapkanpun begitu bagus mungkin karena tampilan yang dibuat dan yang ada dalam SWAY itulah sehingga peserta didik lebih tertarik untuk mempelajarinya.

B.      Awal Mengikuti Diklat PEMBATIK

Selang beberapa minggu kemudian ada kegiatan Bimbingan Teknis PEMBATIK untuk peserta yang lulus ke level 3 tahun 2019 dilaksanakan Pustekkom di sebuah hotel yang ada di kota Ternate Provinsi Maluku Utara dan saya pada saat itu tidak menegtahui sedikitpun tentang kegiatan tersebut karena tidak termasuk dalam peserta PEMBATIK pada level tersebut dan level-level sebelumnya, bahkan akun pada Simpatikpun belum saya miliki atau saya buat karena syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut harus peserta yang sudah lulus pada level sebelumnya. Menjelang petang sebelum melaksanakan shalat magrib saya ditelepon oleh Ibu Vida, beliau menawarkan untuk mengikuti Kegiatan Bimbtek PEMBATIK Level 3, saya belum begitu yakin untuk menjawab ya atau tidak karena merasa aneh dan bertanya-tanya dalam hati “apa mungkin saya yang tidak ada sertifikat PEMBATIK di Level sebelumnya bisa mengikuti Bimtek tersebut?” tetapi tawaran yang beliau sampaikan dengan alasan-alasan yang bisa diterima maka saya memutuskan untuk mengikuti kegiatan itu (siapa yang menolak kalau tidur di hotel, dapat asesoris gratis plus harga pulsa hehehe) tetapi itu bukanlah tujuan. Mencoba hal baru, sesuatu yang menantang, dan pengetahuan baru adalah tujuan saya untuk mengikuti kegiatan tersebu.

C.      Peserta PEMBATIK 2020

Tahun 2020 kegiatan PEMBATIK mulai dibuka pendaftaran untuk level 1, hampir sebagian besar guru di Kota Tidore Kepualauan mendaftar melalui alamat link yang diberikan. Sayapun memberanikan diri dan mengajak beberapa teman guru di sekolah untuk mendaftar sebagai peserta di Kegiatan PEMBATIK Level 1 tersebut dan kami bersepakat untuk mendaftar di gelombang yang sama, akan tetapi gelombang 5 yang kami daftarkan sudah penuh  maka di gelombang 5 tersebut hanya 2 guru di sekolah kami yang bisa memenuhi kuota di dalamnya termasuk saya.

Kegiatan Pembatik level 1 gelombang 5 secara daring dilaksanakan selama 10 hari dan diberikan waktu untuk melaksanakan ujian selama 2 hari setelah proses pembelajaran selesai yaitu dari tanggal 21 April sampai pada tanggal 30 April 2020. Ada 4 materi pelatihan pada level 1, dari 4 materi tersebut yang mungkin baru bagi saya adalah materi tentang Aplikasi Untuk Pembelajaran, materi inilah sehingga saya bisa mengenal lebih dekat lagi tentang portal Rumah Belajar dan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Setelah proses pembelajaran selesai saya memberanikan diri untuk ujian dihari pertama karena sudah yakin dengan soal-soal yang sudah saya pelajari baik yang saya dapat dari internet maupun dari salah satu teman Bimtek PembTIK level 3 tahun lalu.

Beberapa minggu kemudian pengumuman untuk level 1 gelombang 5 sudah diumumkan di akun simpati peserta masing-masing, dengan percaya diri mencoba untuk membuka akun dan mengecek hasil, alhamdulilah lulus dengan nilai akhir yang sedikit agak mengecewakan karena nilai yang saya peroleh tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Setelah hasil kelulusan sudah diketahui, tanpa menunggu lagi sayapun mendaftar di level 2 gelombang 3. Di level ini ada sedikit tantangan bagi saya pada tugas membuat vlog tentang pembelajaran di masa pandemi, karena selalu merasa gerogi ketika di depan kamera apalagi tugas vlog ini kami dianjurkan untuk bercerita tentang pengalaman menggunakan model pembelajaran dalam proses kegiatan pembelajaran, karena waktu yang disediakan di level 2 ini cukup banyak untuk peserta yaitu selama 15 hari dari tanggal 5 Mei sampai dengan 19 Mei 2020, maka sayapun bisa menyelesaikan dan mengirim tugas vlog di akhir waktu pengumpulan tugas dan bisa mengikuti ujian di level 2 serta dinyatakan lulus pada hasil kelulusan di akun simpatik saya.

Level 3 gelombang 1 sudah mulai dibuka, pesan yang masuk di grup pembatik Maluku Utara sudah ramai.  Kami yang lulus di level 2 di perintahkan untuk segera mendaftar di level tersebut oleh Duta Rumah Belajar. Untuk mendapat informasi tugas apa yang ditagih pada level 3 nanti maka saya memutuskan untuk belum mendaftar di gelombang 1 maupun 2, di gelombang 3 saya akhir terdaftar disana dan tergambung di grup telegram pembatik level 3 gelombang 3.

Senang rasanya berada di grup telegram tersebut karena anggota yang ada di grup tersebut adalah guru-guru hebat di seluruh penjuru nusantara. Kesempata untuk bertanya tentang tugas pembuatan media pembelajaran baik itu video maupun MPI jika ada kendala dapat ditanyakan di grup ini.

Waktu diklat untuk level 3 tinggal 2 hari tugas yang dikumpulkan belum selesai juga, skenario dan pengambilan video sudah siap tetapi untuk pengeditannya belum karena terkendala dengan aplikasi kinemaster yang tidak bisa terinsatl dilaptop saya, akhirnya handphone yang saya gunakan untuk mengedit tugas video tersebut, setelah selesai tugas video tersebut dikirim sesuai dengan prosedur yang dibuat oleh panitia.

Penilaian kelulusan untuk level 3 cukup lama, peserta level 3 gelombang 3 yang ada di grup telegram semua bertanya-tanya, penasaran dengan menunggu hasil kelulusan mereka karena yang maju di level 4 hanya 30 peserta dari setiap propinsi. Alhamdulillah nasib baik masih Allah berikan kepada saya, saya dinyatakan lulus dan berhak ke level 4, level dimana akan dipilih salah satu yang terbaik untuk menjadi Duta Ruma Belajar Maluku Utara tahun 2020.

D.      Tujuan Mengikuti Pembatik

Menjadi peserta PEMBATIK hingga level 4 bagi saya sudah sangat jauh dari harapan saya sebelumnya karena tujuan saya dalam mengikuti diklat PEMBATIK ini hanya 2 yaitu belajar dari sesuatu yang baru atau asing bagi saya dan meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.

 

Terima Kasih PembaTIK

 

 

 

Komentar

  1. Luar biasa...
    Sy doakan semoga secepatnya menjadi penulis buku di thn 2020 ini.. amin

    BalasHapus
  2. Semangat pak... 💪 Sukses selalu...😃

    BalasHapus

Posting Komentar